468x60 Ads


Pertama-tama, kita haruslah mengetahui apa itu E-Commerce, dari berbagai sumber yang saya kutip E-Commerce atau E;ectronic Commerce dapat didefinisikan sebagai berikut :
"proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet"
Secara singkat bisa dikatakan, E-Commerce adalah Elektronik dagang (bukan dagang elektronik loh ya..) yakni kegiatan jual beli barang dan jasa melalui internet (jaringan Online). Dengan hal ini, kini transaksi jual beli dapat dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja. Tentunya merupakan hal postif baik bagi penjual maupun pembeli. Salah satu e-commerce yang ada di Indonesia adalah sebuah forum jual beli dari situs KASKUS yang dikenal sebagai FJB KAKSUS (Subforum dari KASKUS). Definisi dari FJB KASKUS ini sendiri adalah sebuah website yang menyediakan wadah pertemuan online antara para pejual & pembeli pada umumnya serta Kaskuser (sebutan untuk pengguna Kaskus) pada khususnya. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia.

Selanjutnya akan dibahas beberapa cara/metode bertransaksi dalam FJB KASKUS. Dalam pembahasan ini ada 4 metode transaksi yang biasa digunakan yaitu Cash On Delivery (COD), Rekening Bersama, Kaspay, serta Transfer secara konvensional.
1.CASH ON DELIVERY (COD)
Sebuah sistem transaksi jual beli yang dilakukan dengan bertatap muka (bertemu) langsung antara Pembeli dan Penjual setelah terjadi kesepakatan. Secara sederhana yaitu sistem jual beli dengan bertemu muka, cek kondisi barang dan kelengkapan, negoisasi, lalu bayar.
2. REKENING BERSAMA (REKBER)
Rekber adalah perantara/pihak ketiga yang membantu keamanan dan kenyamanan transaksi online Anda. Sebagai pembeli, Anda tidak perlu ragu untuk bertransaksi atau merasa was-was ketika barang yang dibeli tidak kunjung datang. Sementara sebagai penjual, Anda tidak perlu bersusah payah membangun reputasi dan juga terhindar dari kecurigaan-kecurigaan berlebihan sehingga barang dagangan tidak laku-laku.
3.KASPAY
KasPay adalah sistem pembayaran online dari PT DARTA MEDIA INDONESIA yang juga pengelola Kaskus sendiri. Layanan transaksi ini dapat digunakan di Kaskus dan situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay. Seluruh proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer (Top Up), sehingga aman dari modus penipuan dan pemalsuan kartu kredit. Keamanan transaksi selalu dipastikan dengan konfirmasi melalui e-mail dan catatan transaksi. Dengan KasPay, transaksi online semakin mudah, cepat dan aman tanpa perlu kartu kredit. Cukup dengan membuat account di KasPay, Anda langsung dapat bertransaksi sebagai pembeli atau penjual atau bahkan keduanya sekaligus.
4.TRANSFER
Sistem ini dilakukan dengan pembayaran melalui Transfer ke Rekening Pribadi Penjual oleh Pembeli.

Pengiriman Barang >>> Dalam hal pengiriman barang, Khusus untuk yang menggunakan cara REKBER dan TRANSFER dalam bertransaksi, barang dapat dikirimkan menggunakan salah satu dari banyak jasa pengiriman barang yang terdapat di Indonesia.

*Kelebihan dari FJB KASKUS ini adalah sebagai berikut :
  1. Tingginya trafik harian
  2. Aturan / rules yang Mudah Dipahami
  3. Pilihan Metode Transaksi yang bermacam-macam
  4. Barang dagangan yang variatif
  5. Effisien
  6. Tersedianya negoisasi / tawar menawar harga, baik melalui Private Message (antar 2 pihak), maupun secara terbuka (forum).
  7. Relatif Murah
  8. Reputasi User (menentukan apakah User dapat dipercaya atau tidak)
  9. Kemudahan dalam navigasi/kontrol post
  10. Tampilan yang menarik dan ergonomis.

*Selain itu tentunya memiliki kekurangan, yaitu :
  1. Rawan Penipuan
  2. Menuntut ketelitian calon pembeli
  3. Mudahnya membuat Fake-ID (Klonengan) untuk menaikkan reputasi Prime-ID sehingga Seller lebih terlihat meyakinkan.
Dari berbagai penjelasan mengenai metode bertransaksi dalam forum jual beli ini, COD dan REKBER merupakan metode yang dinilai relatif lebih aman bagi penjual maupun pembeli. Dengan COD, pembeli dan penjual dapat langsung berhadapan dan bernegoisasi langsung setelah mencapai kesepakatan mengenai perihal waktu dan tempat transaksi. Sedangkan REKBER menjadi pilihan yang utama dalam pilihan bertransaksi secara aman dan terjamin. Pembeli maupun penjual dapat bertransaksi dengan tenang dan terorganisir, metode ini memiliki kemungkinan terhindarnya dari penipuan.
Selebihnya FJB KASKUS ini menuntut kejelian dari User/Kaskuser sebagai Buyers demi terhindar dari kasus penipuan yang sudah banyak terjadi. Reputasi, testimoni dan pangkat seller dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Buyers terhadap Seller.



fjb kaskus

Situs belanja online atau yang kerap disebut e-commerce kini memang menjamur. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai situs e-commerce di internet. Di antara sekian banyak situs e-commerce, pilihan menarik jatuh pada FJB Kaskus atau Forum Jual Beli Kaskus.

FJB Kaskus ini sebenarnya bukanlah sebuah situs e-commerce, melainkan sebuah forum yang di dalamnya para member dapat berinteraksi jual beli. Barang yang tersedia di sini pun beragam. Dari berbagai penawaran jasa, peralatan elektronik, handphone, peralatan rumah tangga dan lain – lain.

Sebagai sebuah forum terbesar di Indonesia, Kaskus tentunya memiliki jutaan member yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Pun demikian dengan para member yang aktif di FJB Kaskus ini. Di sini, Anda bisa berbelanja secara langsung dengan para penjual yang letaknya jauh dari Anda. Penjual dari Sabang sampai Merauke bisa Anda jumpai dan interaksi secara langsung di sini.

Keuntungan utama dari FJB Kaskus adalah kemudahan dalam interaksi. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai jenis barang dari ribuan pembeli. Tentunya Anda juga bisa melakukan penawaran, karena harga yang berlaku di FJB Kaskus ini bukanlah harga pas. Bahkan tak jarang Anda akan bisa menemukan barang berkualitas tinggi dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasaran.

Keuntungan lain yang bisa diperoleh dari FJB Kaskus adalah, Anda dapat dengan mudah mengenali penjual yang bisa dipercaya. Caranya bagaimana? Cukup mudah. Pertama Anda melihat reputasi dari akun penjual tersebut. Jika reputasinya baik atau ditandai dengan banyaknya cendol, kemungkinan besar penjual ini bisa dipercaya. Lain lagi kalau penjual tersebut belum memiliki reputasi (abu-abu) atau malah reputasi jelek (merah). Cara lain untuk mengetahui tingkat kejujuran para penjual adalah dengan melihat testimoninya. Semakin banyak testimoni, tentu semakin tinggi tingkat kejujuran penjual tersebut.

 

Source: 

0 komentar:

Posting Komentar